DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STEREOTIP PEREMPUAN INDONESIA DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika pada Iklan Sampo Sunsilk versi “Rambut Hitam Berkilau Raisa”)
PENGARANG:AFNI LARAS WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-02-17


ABSTRAK

 

Afni Laras Wati, D1C113010, 2019, Stereotipe Perempuan Indonesia pada Iklan Televisi (Studi Semiotik Pada Iklan Sampo Sunsilk versi Hitam Berkilau Raisa). Dibimbing oleh Lalita Hanief dan Sri Astuty.

Iklan bukan hanya sebagai alat promosi barang dan jasa, melainkan juga mampu memunculkan stereotipe untuk membangun makna simbolik. Iklan membuat dunia sendiri tentang stereotipe perempuan yang seharusnya dan menyebarluaskan kepada masyarakat untuk bisa diterima sebagai realitas yang sesungguhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemaknaan pesan visual yang ditayangkan melalui iklan televisi berdasarkan analisis Charles Sanders Peirce.

Objek penelitian ini adalah iklan sampo Sunsilk versi “Hitam Berkilau Raisa”, dengan menggunakan teori Semiotika Charles Sander Peirce. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara serta dokumentasi dan kepustakaan. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode sebagai validasi keabsahan.

Hasil penelitian dengan analisis semiotika Peirce dalam iklan sampo Sunsilk Versi “Hitam Berkilau Raisa” berdasarkan representasemen, objek dan interpretant, menunjukkan stereotipe perempuan Indonesia pada iklan tersebut adalah perempuan berkulit putih bertubuh langsing, memiliki rambut hitam yang panjang dan berkilau.Iklan tersebut menonjolkan pesan perempuan akan percaya diri apabila memiliki rambut hitam yang panjang dan berkilau.

 

Kata kunci : Stereotipe, Iklan Televisi, Semiotika.

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

               Afni Laras Wati, D1C113010, 2019, Indonesian Female Stereotype in Television Advertisements (Semiotic Study On Sunsilk shampoo ads version of  "Raisa’s Black Sparkling". Supervised by Lalita Hanief and Sri Astuty.

 

               Advertising is not only a tool for promoting goods and services, but is also able to bring up stereotypes to build symbolic meaning. Advertising makes its own world about the stereotypes of women that should be and disseminates to society to be accepted as a real reality. The purpose of this study was to determine the meaning of visual messages that were aired through television advertisements based on the analysis of Charles Sanders Peirce.

 

               The object of this research is the Sunsilk shampoo ad version of "Raisa’s Black Sparkling", using Charles Sander Peirce's Semiotics theory. This study uses a qualitative approach with descriptive research type. Data collection techniques using interviews as well as documentation and literature. Triangulation used is the method triangulation as validation validity.

 

               The results of the research with Peirce's semiotic analysis in the Sunsilk shampoo version of the " Raisa’s Black Sparkling" based on representations, objects and interpretants, showed the stereotype of Indonesian women in the advertisement who have white skin and slim body, with long and shiny black hair. The ad features the message that women will be confident if they have long, shiny black hair.

 

Keywords: Stereotype, Television Commercials, Semiotics.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI