DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DALAM PELAYANAN DI PUSKESMAS SUNGAI JINGAH BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Khairul Anwar
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-03-09


ABSTRAK
Khairul Anwar , D1A112204, 2019. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Dalam
Pelayanan Di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin di
bawah bimbingan Rahma Yuliani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan Puskesmas Sungai
Jingah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin yang diukur berdasarkan kepuasan
masyarakat menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Jenis penelitian
deskriptif dengan menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat dengan hasil data
dalam bentuk angka. Penelitian dilakukan di Puskesmas Sungai Jingah
Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin pada bulan Oktober hingga Nopember
2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi
dan kuesioner. Metode analisisi data menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat
(IKM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat
(IKM) untuk pelayanan Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin Utara Kota
Banjarmasin adalah 3,003 dengan angka konversi sebesar 75,08. Kinerja unit
pelayanan di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
berada dalam mutu pelayanan “B” dengan kategori “BAIK” yakni kinerja unit
pelayanan Baik. Hal ini katakan Baik karena hasil dari penyebaran kuesioner
dimana didalamnya memuat 14 indikator atau unsur IKM, bahwa terdapat 9
indikator yang berada dalam kategori baik lainnya adalah Prosedur Pelayanan
(3,05), Kejelasan Petugas Pelayanan (3,05), Tanggung Jawab Petugas Pelayanan
(3,02), Kemampuan Petugas Pelayanan (3,09), Keadilan Mendapatkan Pelayanan
(3,04), Kewajaran Biaya Pelayanan (3,05), Kepastian Jadwal Pelayanan (3,05),
Kenyamanan Lingkungan (3,05), dan Keamanan Pelayanan (3,15). Dengan
diketahui mutu di Puskesmas Sungai Jingah Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin
mendapat hasil yang baik secara keseluruhan. Bahwa pada bulan itu bertepatan
dengan adanya penilaian dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melalui Badan
Akreditasi Negara terhadap pelayanan Puskesmas secara umum dan khususnya
Puskesmas Sungai Jingah, dengan adanya kegiatan penilaian tersebut maka
Puskesmas Sungai Jingah bergiat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat
dengan memberikan berbagai macam kemudahan dalam hal prosedur pelayanan,
tanggungjawab, kecepatan, keadilan, tepat waktu serta kenyamanan dan keamanan
sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa adanya keluhan dari
masyarakat.
Namun, tetap ada sedikit catatan untuk perbaikan pelayanan secara
berkelanjutan terhadap 5 indikator dengan nilai interval IKM dibawah 3,00 yang
harus dilakukan perbaikan dan peningkatan walaupun berada dalam kategori baik.
Indikator-indikator tersebut adalah Persyaratan Pelayanan (2,95), Kedisiplinan
Petugas Pelayanan (2,95), Kecepatan Pelayanan (2,95), Kesopanan dan
Keramahan Petugas (2,01), dan Kepastian Biaya Pelayanan (2,99).
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Indeks Kepuasan Masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI