DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN BPJS RSUD RATU ZALECHA MARTAPURA: DITINJAU DARI WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP
PENGARANG:ANNISA AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-04-29


Salah satu standar pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. Standar minimal waktu tunggu pelayanan untuk obat non racikan yaitu ≤ 30 menit dan untuk obat racikan yaitu ≤ 60 menit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan dan racikan serta tahapan yang menyebabkan waktu tunggu lebih lama pada pelayanan resep non racikan dan racikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengambilan data secara random sampling. Objek penelitianyaitu resep BPJS di Rumah Sakit Ratu Zalecha yang meliputi proses dan rata-rata waktu tunggu pelayanan. Resep yang diamati sebanyak 345 resepterdiri dari 314 resep non racikan dan 31 resep racikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan mulai dari penerimaan resep hingga penyerahan obat untuk resep non racikan yaitu 32 menit 42 detik dan resep racikan yaitu 50 menit 50 detik. Dapat disimpulkan bahwa waktu tunggu pelayanan resep racikan telah memenuhi standar, sedangkan waktu tunggu pelayanan resep non racikan belum memenuhi standar. Tahapan yangmenyebabkan waktu tunggu lebih lama pada resep non racikan ialah delay resep diletakkan di meja penyiapan obat yaitu 19 menit 23 detik dan delay resep diletakkan di meja etiket yaitu 18 menit 18 detik serta resep racikan terletak pada proses peracikan obat yaitu 40 menit 34 detik.

 

 

Kata Kunci: Standar Pelayanan Resep, Waktu Tunggu, Obat Non racikan, Obat Racikan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI