DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PENGGUNAAN FITUR TIK TOK SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF FASHION MAHASISWI FISIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
PENGARANG | : | MUHAMAD AGIL FAHRI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2025-01-23 |
Muhamad Agil Fahri. 2024. Pengaruh penggunaan Fitur Tik Tok Shop terhadap perilaku konsumtif Fashion mahasiswi FISIP Universitas Lambung Mangkurat, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. (Dibimbing oleh Siti Zulaikha).
Perkembangan teknologi yang begitu pesat dan maju telah memunculkan banyak layanan e-commerce, salah satunya Tik Tok Shop yang menjadi platform belanja online yang banyak digunakan dengan pengguna 125 juta pada tahun 2023. Munculnya persaingan platform e-commerce melahirkan gaya hidup dan perilaku konsumtif dalam belanja online.
Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan Tik Tok Shop terhadap perilaku konsumtif fashion di kalangan mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (simple random sampling), yang melibatkan 85 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis data meliputi uji kualitas data dengan uji validitas kedua variabel diatas 0,177 dan Uji Reliabilitas dengan hasil diatas 0,6. Selanjutnya hasil uji asumi klasik dengan pengujian normalitas memiliki nilai diatas 0,5, uji autokorelasi dengan nilai diatas 1.671 yang artinya tidak terjadi autokorelasi, uji selanjutnya multikolienaritas dengan hasil 1.000, yang artinya tidak terjadi multikolienaritas dan uji heteroskedastisitas dengan nilai diatas 0,5, yang artinya tidak terjadi gejala heteroskedastisitas.
Selanjutnya, berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi FISIP Universitas Lambung Mangkurat telah lama menggunakan fitur Tik Tok Shop Shop dengan frekuensi cukup tinggi, yaitu lebih dari 3-6 kali dalam sehari. Data menunjukkan nilai uji normalitas signifikansi (sig) sebesar 0,991, yang lebih besar dari 0,05, sehingga data penelitian terdistribusi secara normal. Oleh karena itu, hasil uji t dengan nilai 4,304 melebihi nilai t tabel, yang artinya hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini mengindikasikan adanya pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan fitur Tik Tok Shop Shop terhadap perilaku konsumtif fashion mahasiswa FISIP Universitas Lambung Mangkurat.
Kata Kunci: E-Commerce, Tik Tok Shop, Perilaku Konsumtif.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI